MOVIE MANSAGRES BORONG JUARA 1 DAN 2 GRESIK SHORT FILM COMPETITION YANG DISELENGGARAKAN DISPAREKRAFBUDPORA KABUPATEN GRESIK

Madrasah bertabur prestasi. Predikat tersebut seolah tidaklah berlebihan jika disematkan pada MAN 1 Gresik. Setelah pada dua hari terakhir meraih juara pada ajang MHQ tingkat Provinsi Jawa Timur dan kompetisi Pencak Silat, kini giliran ekstrakurikuler Movie yang berhasil mengharumkan nama MAN 1 Gresik. Keberhasilan tersebut diraih setelah 4 film karya Movie Mansagres memborong dua Trofi dalam ajang Gresik Short Film Competion 2023. Kompetisi bergengsi bagi sineas muda Kabupaten Gresik tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwasata dan ekonomi kreatif, kebudayaan, kepemudaan, dan olahraga Kabupaten Gresik. Screaning dan awarding Gresik Short Film dilaksanakan pada 23—5 Juni 2023 di Gedung nasional Indonesia (GNI) Kabupaten Gresik.

Dari empat judul film yang dikirim, 3 judul karya Movie Mansagres yakni Jereh, Si Gembul, dan Putri yang berhasil masuk 10 besar. Di babak 10 besar dua judul film yang sukses meraih juara, yakni Putri Juara 1, dan film berjudul Si Gembul meraih Juara 2.

Film pendek berjudul Putri mengisahkan tentang seorang gadis remaja yang pintar serta berprestasi. Pada suatu ketika tokoh utama yang bernama putri diinterogasi oleh seorang guru BK karena sering tersangkut beberapa masalah. Putri yang merasa kesalahan tidak sepenuhnya berpusat pada dirinya merasa berhak membantah pak Arif selaku guru BK di sekolahnya. Dalam film ini terdapat pesan, bahwa setiap kesalahan yang dilakukan tidak serta merta kesalahannya, dan secara tersirat pada film ini menunjukkan bahwa guru dapat mendidik banyak anak, namun belum tentu bisa mendidik satu anak.

Film Putri diperankan oleh tokoh utama yakni Atiqotur Rizqiyah. Proses pembuatan film ini dikerjakan pada saat bulan ramadan dan disutradarai langsung oleh pembina Movie Mansagres bapak Faruq Hamdani, S.Pd. Sedangkan penulis naskah yakni Bapak Najib Khilmi, S.Pd.

Sedangkan juara 2 Gresik Short Film Competion 2023 yakni film karya Movie Mansagres berjudul Si Gembul. Si Gembul merupakan film yang mengisahkan seorang siswa yang mencurigai oknum sekolah melakukan tindak korupsi. Namun pada kenyataannya, apa yang disangkakan oleh Si Gembul sebuah kesalahpahaman. Di akhir cerita kepala sekolah malah mendukung dan memberikan dana atas proses pembuatan film yang sedang dikerjakan oleh anak-anak Movie.

Keberhasilan tersebut melengkapi raihan prestasi dalam ajang film pendek tahun ini. Pada beberapa kompetisi yang lain, Movie Mansagres berhasil menjadi Juara 1 Kidtion tingkat kabupaten. Terkahir meraih juara 2 film pendek tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Leave a Comment